SMP 10 Meraih Prestasi dalam Jelajah Budaya 2015

3

Dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan wawasan anggota gerakan Pramuka di bidang kebudayaan .Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY bekerja sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY  tahun 2015 mengadakan kegiatan Jelajah Budaya Tahun 2015.

Pada tahun ini mengambil tema “Dengan menggali potensi kekayaan dan keragaman budaya kita teguhkan jati diri guna mewujudkan Jogja Istimewa”

Waktu kegiatan  hari Minggu Tanggal 27 September 2015 dengan  route start di  Candi Kalasan – Candi Sari – Candi   Sambisari sebagai finisnya dengan jarak kurang lebih 5 km.

Kegiatan ini dikuti oleh pramuka penggalang dari Gugusdepan perutusan Kwartir Cabang se-DIY dengan jumlah 200 orang pramuka atau 40 kelompok dengan komposisi 5 orang pramuka penggalang. SMP Negeri 10 Yogyakarta mengirimkan  satu kelompok putra dan satu kelompok putri.

Kelompok putra terdiri dari :

  1. Igoh dayaning Adiwibowo
  2. Gilang Rizki Kus Prabowo
  3. Muhammad Nieko Kurniawan
  4. Muhammad Raihan Apriyanto
  5. Brucengine Kalis Damar Prasaja

Kelompok putri terdiri dari :

  1. Niken Chandra Nurdayani
  2. Diana Lucky Fatikasari
  3. Vioresta Ferian Elsa Fernanda
  4. Aaliyah Calista Adli
  5. Amalia Ramadhani

Adapun kegiatan utama dari jelajah Budaya ini adalah Penjelajahan Cagar Budaya, Ceramah, Pemaparan Sejarah Mataram Kuno ( Hindu) Penghijauan/ Penanaman pohon dan Pelepasan satwa ( Burung). Di samping kegiatan tersebut dalam jelajah Budaya ini juga ada kegiatan prestasi yaitu yel yel kebangsaan, regu terbaik, fotografi , regu favorit, dan karya tulis. Semua kegiatan ini dilakukan di sepanjang jalan / rute yang di lakukan. Di mana di setiap pos mereka akan mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kepramukaan dan kebudayaan.mereka juga harus menampilkan yel yel yang harus sesuai tema  dan di akhir yel yel  ada kata-kata “Cagar budaya lindungi kunjungi lestarikan”.

Dalam kegiatan prestasi  kelompok putri SMP Negeri 10 Yogyakarta dengan nomor dada merah 12 meraih 2 kejuaraan yaitu juara 2 dalam yel yel kebangsaan dan juara 3 regu terbaik. Masih ada lagi kejuaraan yang masih diperlombakan yaitu lomba fotografi /selfie dan karya tulis yang dikirim paling lambat tanggal 5 Oktober 2015 di Balai Cagar Budaya Yogyakarta, Kalasan Yogyakarta atau bisa dikirim di Kwarda DIY.

Inilah kegiatan Jelajah Budaya tahun 2015 yang telah diikuti oleh penggalang SMP Negeri 10 Yogyakarta. Semoga kita dapat meraih prestasi lagi dalam kegiatan Jelajah Budaya tahun 2016. (Penulis: Niken Amri Amaniah, S.Ag., guru SMP Negeri 10 Yogyakarta)

2 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>