Belajar Nembang di SMP Negeri 10 Yogyakarta

IMG_7124Pada hari Kamis, 15 Oktober 2015 berlangsung workshop penguatan sekolah berbasis budaya. Kali ini tema workshop adalah Mengenal Kembali Tembang Jawa dalam Rangka Sekolah Berbasis Budaya. Sebagai narasumber ahli pada kesempatan tersebut yaitu Bapak Drs. Sudarno, M.Sn. dosen Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMP Negeri 10 Yogyakarta menyampaikan bahwa workshop tersebut sebagai salah satu kegiatan untuk memantapkan SMP Negeri 10 Yogyakarta yang sudah ditunjuk sebagai salah satu sekolah berbasis budaya di Yogyakarta. Dengan kegiatan tersebut diharapkan para guru maupun siswa tertarik kembali mempelajari berbagai tembang Jawa sehingga tembang Jawa dapat lestari. Kepala Sekolah juga berjanji bahwa kegiatan yang berkaitan dengan budaya di SMP Negeri 10 Yogyakarta akan terus dilaksanakan, tidak hanya hangat-hangat tahi ayam saja, sehingga SMP Negeri 10 Yogyakarta betul-betul pantas menyandang predikat sebagai sekolah berbasis budaya.

Workshop tidak banyak mengulas teori melainkan banyak praktik. Bapak Sudarno yang memang sudah pakar dalam berkesenian langsung mengajak para guru dan siswa untuk belajar nembang. Dimulai dengan belajar laras. Pada awalnya beberapa guru dan siswa tampak kesulitan dalam menyesuaikan laras, namun lama-kelamaan dengan kesabaran Pak Darno, semua bisa membaca laras dan semua bisa ikut nembang.

Selanjutnya, para guru dan siswa juga diajak menyanyikan lagu dolanan oleh Ibu MG. Nugraheni, S.Pd. semuanya tampak bersemangat dalam belajar nembang dan menyanyikan lagu dolanan. Diharapkan kegiatan ini menjadi awal terbentuknya kelompok guru dan siswa yang akan belajar karawitan dan nembang. (YNS)

IMG_7148 IMG_7133 IMG_7141

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>