Kegiatan Manasik Haji Siswa Kelas IX

Manasik 1Siswa-siswi SMP Negeri 10 Yogyakarta melakukan latihan manasik haji pada hari sabtu 12 Desember 2015. Latihan manasik haji yang diikuti oleh 144 siswa yang dipandu oleh 30 guru dan karyawan berjalan dengan lancar. Manasik haji dilaksanakan di lingkungan SMP Negeri 10 yogyakarta. Kegiatan manasik haji diikuti oleh siswa siswi kelas IX yang beragama Islam, hanya sedikit sekali yang tidak dapat mengikuti dikarenakan sakit atau malu karena tidak memiliki baju ihram.

Tujuan dilaksanakan latihan manasik haji di samping untuk meningkatkan iman dan taqwa juga untuk mengenal lebih jauh tentang rukun Islam yang kelima yaitu pelaksanaan ibadah haji. Siswa tidak hanya mengenal teori tentang haji saja tetapi juga dapat menghayatinya lewat praktik manasik.

Pelaksanaan program manasik haji kali ini tidak kalah dengan program-program sebelumnya, yang selalu didukung oleh semua pihak baik siswa maupun guru. Dukungan pelaksanaan manasik haji kali ini terhitung sangat besar terutama sekali didukung oleh Kepala Sekolah juga oleh seluruh bapak ibu guru dan karyawan yang beragama Islam.

Suksesnya pelaksanaan manasik haji kali ini tidak terlepas dari persiapan yang matang yang telah dirancang oleh seluruh panitia yang dikordinir oleh Bapak Drs. Joko Waskito, baik persiapan teknis maupun nonteknis. Seluruh peserta yang sudah mendapatkan teori tentang ibadah haji masih perlu dipandu atau dibimbing oleh bapak/ibu pendamping. Siswa dibagi menjadi lima rombongan dan masing masing rombongan dibagi menjadi dua regu yang dipimpin oleh ketua regu putra dan putri.

Sebagai pendamping Rombongan IX-A Ibu Muah marfu’ah, rombongan IX-B oleh Bapak Wahono,  IX-C oleh Bapak Budi Ermawan, Ibu Andar mendampingi rombongan IX-D, dan Bapak Mulyono  mendampingi IX-E.

Semenjak persiapan sudah nampak kesuksesan di mana para peserta maupun pendamping dan seluruh bapak guru memakai pakaian ihram/putih-putih. Semenjak persiapan juga tampak para siswa menghafal do’a manasik haji.

Gema talbiyah membahana mengangkasa menggetarkan jiwa, labaikallohumma labaika, innal hamda wannikmata laka walmuka la syarikalaka, terpancar kegembiraan di wajah para siswa dalam mengikuti pelaksanaan manasik haji kali ini. Sungguh suasana seperti pelaksanaan ibadah haji sungguhan, mulai dari wukuf di arofah, lempar jumrah Aqobah, towaf Ifadhah serta sya’i  dan terakhir simulasi tahalul. Kesuksesan latihan manasik kali ini juga tidak terlepas dari bapak ibu guru serta karyawan semuanya yang ikut membantu para pendamping.

Tidak ada gading yang tak retak, kesempurnaan hanya milik yang Mahakuasa, namun bisa disimpulkan pelaksanaan manasik haji kali ini suskses luar biasa karena dukungan yang luar biasa pula. Kekurangan di sana sini memang ada seperti peralatan yang waktu itu belum dimiliki, namun hikmah membawa berkah selepas kegiatan manasik, bagian sarpra sekolah langsung membelikan seperangkat media manasik haji. Semoga disusul dengan pengadaan kain ihram bagi siswa dan guru sehingga kedepannya acara bisa lebih sukses. amiin (Suwawi Jhr, Guru Agama Islam SMPN 10 Yogyakarta)

Manasik 2 Manasik 3 Manasik 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>