Demokrasi Jaman NOW di SMPN 10 Yogyakarta

demokrasi

Senin 15 Oktober 2018 SMP Negeri 10 menyelenggarakan pesta demokrasi. Apa yang dimaksud dengan demokrasi? Bagaimana implementasi demokrasi di lingkungan sekolah?, pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak asing lagi dikalangan para pelajar. Akan tetapi apakah setiap pelajar memahami arti demokrasi itu sendiri?.

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warganya untuk ikut berpartisipasi baik secara langsung atau perwalian dalam perumusan pengembangan dan pembuatan hukum. Pelaksanaan demokrasi mempunyai prinsip pemerintahan dijalankan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah. Pelaksanaan demokrasi berdasarkan kedaulatan rakyat yang artinya kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

Implemetasi demokrasi dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demokrasi di ligkungan sekolah diwujudkan dengan adanya pemilihan ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS). Melalui pemilihan ketua OSIS diharapkan pelajar dapat mempraktikkan pengetahuan yang didapat oleh siswa di kelas dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan tentang demokrasi.

Pendidikan politik diberikan kepada pelajar sebagai bekal agar pelajar dapat berperan aktif dan tidak memilih golput ketika ada pemilu dalam lingkungan lebih luas lagi dari sekolah, seperti dalam masyarakat atau dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Para pelajar sebagai pemilih seharusnya memilih kandidat berdasarkan visi dan misi yang dipaparkan, bukan karena kandidat yang diinginkan menjadi ketua OSIS memiliki wajah cantik atau ganteng.

Pemilihan ketua OSIS dilakukan dengan asas LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil). Pemilu dilakukan secara langsung oleh seluruh warga sekolah secara umum. Warga sekolah bebas menentukan pilihannya tanpa diintimidasi oleh pihak lain, dan dilaksanakan secara rahasia didalam bilik-bilik suara. Berkaitan dengan pemilihan ketua OSIS yang di lakukan di SMPN 10 Yogyakarta sudah tidak menggunakan sistem pencoblosan manual layaknya pemilu parlemen atau pun pemilu presiden melainkan sudah memanfaatkan media digital menggunakan aplikasi online yang dibuat oleh guru TIK yaitu ibu Muah Marfuah, S.Kom. Teknis penggunaannya dengan cara mengklik salah pilihan dari nama calon ketua OSIS lalu di subbmit atau dikirim via online. Pencoblosan dengan media digital ini dipilih karena SMPN 10 Yogyakarta sedang dalam tahap pengembangan sekolah Adiwiyata dimana dalam pemungutan suara pada suatu pemilihan umum itu biasanya menggunakan banyak kertas untuk pembuatan kartu suara sehingga dalam rangka cinta lingkungan inilah media online dipilih untuk menghemat kertas pada acara pemilihan pemilu OSIS di SMPN 10 Yogyakarta. Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini juga dapat mempercepat dan mempermudah dalam hal penghitungan total jumlah suara yang masuk, yang abstain dan jumlah suara yang tidak memilih.

Para pemilih diharapkan untuk turut serta berperan aktif dalam pemilihan ketua OSIS, serta kandidat yang bersaing diharapkan dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya. Ketua OSIS yang telah terpilih mempunyai tanggungjawab untuk mewujudkan visi dan misi yang dijanjikan. Sementara bagi kandidat yang tidak terpilih, menerima dengan lapang dada dan menjadi bagian anggota organisasi yang turut mendukung ketua dalam mewujudkan visi dan misi.

Dan pada pemilihan OSIS di SMPN 10 Yogyakarta ini, pemenang suara terbanyak adalah atas nama Siti Eni Nuraini kelas 8B, Irham Arya Ramadhani kelas 8D di peringkat ke-2 dan peringkat suara ke-tiga diperoleh oleh calon dengan nama Shafiyyah Farhaanah Sausan dari kelas 8 E. Adapun prosentasenya dapat dilihat pada grafik berikut ini:

1

Dengan demikian yang menjadi ketua OSIS periode tahun 2018/2019 adalah Siti Eni Nuraini dari kelas 8B. Selamat buat Eni, moga bisa menjadi ketua OSIS SMPN 10 Yogyakarta yang amanah dan mampu menjalankan program-program yang sudah dijanjikan saat kampanye serta sesuai dengan visi dan misi SMPN 10 Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>