e-Vote Spetenta Tahun 2019

pilosis

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Di mana rakyat memiliki sebuah kekuasaan yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyat, penegakan hukum, dan infrastruktur yang baik.

Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda diperlukan adanya pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS SMPN 10 Yogyakarta periode 2019/2020 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh siswa SMPN 10 Yogyakarta. Ini sebenarnya sudah dilaksanakan tiap tahun, namun tata cara pelaksanaannya untuk 2 tahun terkahir ini sudah menggunakan sistem informasi berbasis web atau online. Sehingga memudahkan dalam hal penghitungan suara dan dalam rangka penghematan penggunaan kertas karena SMPN 10 Yogyakarta termasuk salah satu sekolah Adiwiyata.

Pemilihan ketua OSIS merupakan agenda rutin sekolah yang diselenggarakan setelah pelaksanaan PPDB dan pembentukan kelas. Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 pemilihan ketua OSIS dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi berbasis mobile web menggunakan PHP dan MariaDB yang diberi nama Aplikasi Pemilihan Ketua OSIS (eVote Spetenta) SMP Negeri 10 Yogyakarta..

Penggunaan aplikasi berbasis mobile web ini dimaksudkan untuk:
(1) mengefektifkan proses pemilihan ketua OSIS dan meminimal kekosongan jam pelajaran;
(2) memberikan kemudahan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilih ditempat-tempat terdekat yang tersedia koneksi internet;
(3) memberikan pengalaman pemanfaatan teknologi sebagai alternatif pelaksanaan pemilihan ketua OSIS;
(4) memberikan kemudahan penyajian data hasil seleksi pemilihan ketua OSIS.

E-vote spetenta diikuti oleh guru dan seluruh siswa SMPN 10 Yogyakarta. Jumlah total pemilih terdaftar adalah sekitar 542 calon pemilih.  Adapun pelaksanaannya e-vote spetenta untuk memudahkan koordinasi maka dilakukan di dalam ruang laboratorium ICT, agar dapat menjamin kerahasiaan dari pilihan masing-masing siswa. Selain itu pula untuk mendapatkan akses internet yang lebih cepat karena dengan server internet sehingga memungkinkan tidak terjadi gangguan pada saat pemungutan suara berlangsung. Setiap calon pemilih di panggil secara bergiliran oleh panitia yang terdiri dari pengurus OSIS lama yaitu angkatan 2018/2019. Setiap selesai melakukan pemilihan pemilih wajib mencelubkan tangan ke dalam tinta layaknya pemilu pada umumnya yang menandakan bahwa suaranya sudah diambil dan tidak diperkenankan untuk melakukan pemilihan ulang.

Hasil e-vote spetenta di umumkan saat itu juga oleh admin pengelola ke pada pengurus lama atau panita untuk selanjutnya mereka sampaikan kepada para calon ketua yang sudah berkompetisi. Dan Pemilihan ini berhasil dimenangkan oleh Angelina Mentari dari kelas VIII A dengan hampir memperoleh suara 1/3 dari total suara keseluruhan. Sehingga jabatan ketua Osis periode tahun 2019/2020 di duduki oleh nya.

Selamat ya Meta, Do the best for spetenta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>