Latihan Manasik Haji, 18 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-18 at 07.31.21

 

 

 

 

Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

WhatsApp Image 2019-12-18 at 10.54.44

Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya. Para calon jamaah haji juga mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.

WhatsApp Image 2019-12-18 at 10.54.43

SMPN 10 Yogyakarta sudah melaksanakan kegiatan latihan manasik haji ini untuk tahun ke-5, tujuannnya adalah untuk melatih para siswa akan pengetahuan tentang ibadah haji yang sudah di dapat saat pembelajaran di kelas. Peserta latihan manasik haji ini dikhususkan untuk kelas IX dikarenakan materi tentang haji ada di kelas IX.

WhatsApp Image 2019-12-18 at 10.54.43 (2)

Adapun pelaksanaan manasik ini dilakukan pada tanggal 18 Desember 2019, bertempat di SMPN 10 Yogyakarta menyesuaikan dengan kondisi sekolah. Peserta tampak antusias mengikuti segala kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rukun dan syarat yang sudah ditentukan. Di awali dengan upacara pembukaaan oleh bapak kepala sekolah Drs. Arief Wicaksono, M.Pd. Kemudian peserta melakukan ritual haji yaitu berkumpul di Arofah (replika masjid Multazam) kemudian setelah itu berangkat ke Mudzalifah untuk bermalam (replika depan halaman perpustakaan), lalu dilannjutkan menuju Mina. Setelah dari Mina (replika depan kelas IX A) berangkat menuju ke tempat melempar Jumroh (replika lapangan volley). Jumroh yang di praktikkan adalah Jumrotul A’qobah. Peserta manasik melakukan lempar Jumroh sebanyak 7x kemudian dilanjutkan melakukan thawaf (replika lapangan basket) sebanyak 7x, lalu setelah itu melakukan kegiatan meminum air zam-zam yang sudah tersedia di sekitaran ka’bah. Dilanjutkan melakukan sa’I dari Shofa menuju Marwah sebanyak 7x.  Terakhir adalah melakukan Tahalul sebagai ritual yang menandakan berakhirnya kegiatan haji.

Alhamdulillah selesai, moga tahun depan SMPN 10 Yogyakarta  bisa mengadakan kegiatan latihan manasik haji dengan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>